Main Article Content

Abstract

This study aims to determine the teachers method in fostering the morals of students located in Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. This research is a descriptive qualitative research. In this study the subject of the study were the principal, teachers and students. Data collection techniques used in this study are interviews, observation and documentation. The data anaysis technique in this research is the reduction stage, the data presentation stage and the conclution drawing. The result of this study indicate that the teachers method in fostering student morals in madrassa is the exemplary method, the habituation method, the advice method and the punishment method.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Kepala Madrasah, para guru pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan akhlak siswa masih belum sempurna karena masih banyak temuan berupa pelanggaran-pelanggaran, tidak disiplin peraturan sekolah seperti terlambat datang ke sekolah, mengunakan pakaian yang tidak sesuai peraturan, tidak jujur dan berkata kurang sopan. Peran guru pendidikan Agama Islam yang dilakukan terkait pembinaan akhlak antaralain; peran guru sebagai pendidik/pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai tauladan, dan peran guru sebagai penasehat. Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak antara lain; dengan keteladanan, kisah-kisah Qur’ani dan Nabawi, nasihat, pembiasaan dan hukuman.

Article Details

How to Cite
Munandar, A. (2022). Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah. Journal of Educational Research, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.2

References

  1. “Tahfiz Quran”, Program Hafalan Al-Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur, Diakses pada 9 April 2021, http://tanjabtimur.kemenag.go.id/news/508472/program-hafalan-al-quran-man-1-tanjung-jabung-timur-berhasil-,html.
  2. Ainun, Nur dan Afidian. Mengenal Aqidah dan Akhlak Islami. Metro: CV Iqro, 2018.
  3. Fadlillah, Muhammad & Khorida, Mualifatu Lilif. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep Dan Aplikasinya Dalam PAUD, Yogyakarta: A-Ruzz Media, 2013.
  4. Gade, Syahbuddin. Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini, Banda aceh: Naskah Aceh, 2019.
  5. Hasanah, Aan. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Pustaka setia, 2012.
  6. Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
  7. Kadar, M. Yusuf. Tafsir Tarbawi. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
  8. Makmum, Djohar. Sukses Mendidik Anak Di Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.
  9. Marzuki. Prinsip Dasar Akhlak Mulia “Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika dalam Islam”. Yogyakarta: Debut Wahana Press, 2009.
  10. Muhajir. Materi dan Metode Mendidik Anak dalam Al-Qur’an. Serang: FTK Banten Press, 2015.
  11. Mulyono & Wekke, Suardi Ismail. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Yogyakarta: CV Adi Karya Mandiri, 2018.
  12. Nasional, Pendidikan Departemen. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
  13. Pahrudin, Agus. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Pendekatan Teoritis dan Praktis). Bandar Lampung: Pusaka Media, 2017.
  14. Purnomo, Hadi. Pendidikan Islam, Integrasi Nilai-Nilai Humanis, Liberasi, dan Transendensi Sebuah Paradigma Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Absolute Media. Cet II, 2016.
  15. Rahmad, Munawar. Filsafat Akhlak “Mengkaji Ontologi Akhlak Mulia dengan Epistimologi Qurani”. Bandung: Celtic Press, 2016.
  16. Rosadi, Imron Kemas & Yusuf, Muhammad. ‘Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter diI Sekolah’. Prosiding International Seminar on Islamic Studies and Education (ISoISE) “Building Educational Paradigm that Support the Word Peace Through International Cooperation” Kolaborasi Pascasarjana UIN STS Jambi - Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia. (November 2020), 3-4. http://repository.uinjambi.ac.id/4501.
  17. Satriani, Sitti. “Pembinaan Guru Pai dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah”. Jurnal Tarbawi 3, no.1 (Juni 2020): 7. http//:10.26618/jtw.v2i01.1018
  18. Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kajian Teori dan Aplikasi Pembelajaran PAI. Banda Aceh: MA Pena Banda Aceh, 2017.
  19. Tafsir, Ahmad. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGarfindo Persada, 2001.
  20. Taklimudin & Saputra, Febri. “Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran”, BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (Juni 2018), 2. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/blelajea/article/view/383.
  21. Tilaar, H.A.R & Nugroho, Riant. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
  22. Zainuddin & Jamhari. Al-Islam 2, Muamulah dan Akhlaq. Bandung: Pustaka Setia, 2014.